-->

Cara Menciptakan Pacar Cina Sagu Mutiara Sekoteng Mentah

Cara Menciptakan Pacar Cina Sagu Mutiara Sekoteng Mentah
Cara Menciptakan Pacar Cina Sagu Mutiara Sekoteng Mentah
Resep Pacar Cina Sagu Mutiara Mentah Homemade Buatan Sendiri Sederhana Alami Spesial Asli Enak. Pacar china sagu mutiara buatan pabrik biasa sudah kering dan siap pakai kalau buatan rumahan biasanya pacar cinanya masih berair jadi harus dikeringkan dengan proses pengeringan dengan cara dijemur eksklusif di bawah sinar matahari atau pakai mesin pengering modern. Pacar cina atau sagu mutiara dalam bahasa Sundanya ialah sekoteng. Model dan bentuknya majemuk jenis, ada yang bundar dan ada yang panjang dengan ciri berwarna warni yang dibentuk dengan menambahkan pewarna makanan. Biasanya memakai warna putih, merah, hijau, dll.

Resep Pacar Cina Sagu Mutiara Mentah Homemade Buatan Sendiri Sederhana Alami Spesial Asli CARA MEMBUAT PACAR CINA SAGU MUTIARA SEKOTENG MENTAH
Gambar Pacar Cina Sagu Mutiara Sekoteng Mentah

Menurut situs Wikipedia. Pacar cina, disebut juga mutiara sagu atau sagu mutiara, ialah sejenis penganan yang terbuat dari tapioka atau tepung tapioka. Makanan yang umumnya berbentuk butiran kecil-kecil setengah transparan ini dikenal di banyak negara, terutama di Asia Timur, Tenggara, dan Selatan. Kudapan yang acap dijadikan adonan dalam kue-kue, bubur, atau pun minuman, dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan tapioca pearls.

Rasa dan kegunaan pacar cina. Pacar cina terbuat dari tepung kanji yang diberi, atau tidak diberi, warna-warni pewarna makanan, pacar cina umumnya tidak berbau dan tidak berasa selain rasa tepung. Karena rasanya yang netral ini, dan sebab tampilannya yang menarik berwarna-warni, pacar cina ini dipilih untuk dijadikan adonan banyak sekali macam kudapan; baik yang panas berupa adonan kolak, sekoteng, wedang, dll, atau yang hambar berupa es; baik yang berasa manis, gurih, atau asin.

Sedangkan untuk menyebut beberapa, pola camilan yang memakai pacar cina sebagai salah satu bahannya, di antaranya ialah bubur mutiara; bubur sumsum; sekoteng; kolak; es campur; es doger; banyak sekali macam puding; kue-kue menyerupai nagasari, mendut, camilan manis pacar cina, dan putu. Bahkan ada pula yang memasukkannya ke dalam tumis sayuran, atau asinan.

Sagu mutiara ialah masakan yang berasal dari olahan sagu. Tepung sagu mempunyai ciri fisik yang menyerupai dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka, meskipun keduanya tolong-menolong berbeda. Perbedaannya hanyalah pada materi pembuatnya kalau tepung sagu terbuat dari pati pohon sagu, tepung tapioka atau tepung kanji terbuat dari pati umbi ketela pohon menyerupai dari singkong ubi kayu.

Sagu mutiara sanggup diolah menjadi cendol, bubur mutiara atau bubur sagu mutiara atau bubur pacar cina sanggup dicampur santan dan gula merah, jajanan pasar camilan manis berair tradisional menyerupai kue hunkwe sagu mutiara pacar cina, elok manis, masakan ringan, es, dll.

Bubur Sagu Mutiara Untuk Campuran Es
  1. Didihkan 8 gelas air (2000cc).
  2. Masukkan 1 bungkus sagu mutiara selama 30 menit biar cepat matang dan mekar.
  3. Bila biji sagu mutiara sudah bening berarti sudah masak.
  4. Setelah bubur sagu mutiara masak, eksklusif tuangkan ke dalam saringan dan disiram air hambar secukupnya, kemudian ditiriskan.
  5. Dapat dipakai untuk adonan es termasuk es pisang ijo alvin dan banyak sekali macam aneka es.
Di Sunda, Jawa Barat pacar cina ini namanya sekoteng bahasa nasionalnya pacar cina atau sagu mutiara ada juga yang menyebutnya biji delima. Berikut belakang layar kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi pacar cina sagu mutiara sekoteng mentah hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis dengan membuka pabrik besar dan home industri.

RESEP PACAR CINA MENTAH


Resep By : Maruko Chan

BAHAN :
  • 250 gram tepung tapioka/kanji/sagu
  • 150 ml air panas
  • Pewarna makanan
  • Tepung terigu untuk taburan sedikit
CARA MEMBUAT PACAR CINA MENTAH :
  1. Taruh tepung tapioka diatas wadah kemudian tambahkan air panas sedikit-sedikit sambil di aduk-aduk dengan sendok.
  2. Setelah agak hambar gres diuleni denang tangan. Tambahkan sedikit tapioka lagi kalau masih lengket.
  3. Bagi beberapa kepingan kemudian kasih pewarna makanan.
  4. Siapkan plastik atau kawasan datar, taruh adonan diatasnya kemudian gilas memakai rolling pin,
  5. Jangan terlalu tebal dan tidak tipis juga.
  6. Setelah digilas, potong memanjang dan iris kecil2
  7. Jangan lupa selalu taburi terigu biar ngga lengket/nempel.
  8. Lalu jemur hingga kering, atau sanggup juga eksklusif direbus.
  9. Merebusnya agak usang ya, jd harus sabar, rebus hingga terlihat bening.
  10. Setelah dirasa matang angkat dan masukkan ke dalam wadah yang berisi air hambar matang. Biar warnanya makin bening.
  11. Siap digunakan.
Advertisement