-->

Cara Menciptakan Bika Ambon Medan

Cara Menciptakan Bika Ambon Medan
Cara Menciptakan Bika Ambon Medan
Resep Bika Ambon Medan Sederhana Spesial Asli Enak. Bika ambon merupakan masakan ringan cantik berwarna kuning klasik dengan tekstur yang legit tetapi berlubang-lubang dan ada juga hasil variasi dan modifikasi dengan aneka kreasi bika Ambon hijau pandan lembut dan empuk. Kue yang populer menjadi buah tangan khas Medan ini tidak memakai tepung terigu sebagai komponen utamanya, tetapi tepung sagu. Kue ini cocok dimakan sebagai sobat minum teh. Kue bika termasuk aneka masakan ringan cantik berair tradisional orisinil Indonesia yang perlu dilestarikan dan dikembangkan secara modern.

 Resep Bika Ambon Medan Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT BIKA AMBON MEDAN
Gambar Bika Ambon Medan

Menurut situs wikipedia Bika ambon ialah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan menyerupai telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun sekarang juga tersedia aneka rasa-rasa lainnya menyerupai durian, keju, dan cokelat. Bika ambon biasanya sanggup bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari alasannya sesudah itu masakan ringan cantik tersebut mulai mengeras dan tidak lezat dimakan atau dikonsumsi.

Asal seruan masakan ringan cantik bika Ambon berdasarkan klarifikasi Tengku M Muhar Omtatok, seorang seorang budayawan dan sejarawan, Kue Bika Ambon terilhami dari Kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka. Selanjutnya dimodifikasi dengan materi pengembang berupa Nira/Tuak Enau hingga berongga & berbeda dari masakan ringan cantik Bika atau Bingka khas Melayu itu. Selanjutnya Tengku M Muhar Omtatok menyebutkan bahwa masakan ringan cantik ini disebut Bika Ambon alasannya pertama sekali dijual & popular di simpang Jl Ambon – Sei Kera Medan.

Bika ambon dikenal sebagai buah tangan khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di kawasan Medan Petisah terdapat sedikitnya 30 toko yang menjual masakan ringan cantik ini. Setiap toko di lokasi ini sanggup menjual lebih dari 1.000 bungkus bika ambon per hari apabila menjelang hari raya Idul Fitri atau hari lebaran. Diperkirakan, sebutan bika ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu gres mengenal bika yang diproduksi di jalan ambon, Medan. Penyebutan bika ambon alhasil menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri masakan ini. Sebut saja bika ambon Zulaikha populer yang paling lezat hingga dijual ke seluruh Indonesia hingga di Jakarta. Selain itu banyak berkembang pengusaha bika di jalan majapahit ini, misalkan saja ada Hajjah Mariani.

Makara terjawab sudah ternyata asal mula bika ambon berasal dari kota Medan, propinsi Sumatera Utara bukannya dari kota Ambon Provinsi Maluku. Melainkan tersinspirasi bika yang ada di jalan Ambon. Berikur belakang layar kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi bika Ambon Medan sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah step by step anti gagal hemat harga murah meriah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka masakan ringan cantik bika ambon Medan baik klasik original maupun modern dengan aneka kreasi modern.





RESEP BIKA AMBON MEDAN


BAHAN I :
  • 10 butir telur diambil kuningnya saja
  • 200 gram sagu tani
  • 200 gram gula pasir
BAHAN BIANG II :
  • 1 sdm ragi roti (yeast)
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung terigu
  • 3 sdm air hangat
BAHAN III :
  • 300 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 lembar serai
  • 10 lembar daun jeruk
CARA MEMBUAT BIKA AMBON MEDAN :
  1. CARA MEMBUAT BIANG BIKA AMBON MEDAN : campur semua materi biang hingga rata. Diamkan sepuluh menit.
  2. Rebus santan dengan serai, daun pandan, daun jeruk hingga mendidih. Dinginkan hingga hangat-hangat kuku.
  3. Kocok kuning telur dan gula hingga halus, kemudian masukkan sagu, biang, dan santan. Aduk hingga rata, saring, kemudian diamkan selama 3 jam.
  4. Masukkan dalam cetakan, panggang dengan api bawah hingga kering, kemudian nyalakan api atas hingga matang.
Advertisement