-->

Cara Menciptakan Es Gempol Pleret Enak

Cara Menciptakan Es Gempol Pleret Enak
Cara Menciptakan Es Gempol Pleret Enak
Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dari tempat Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari adonan tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali paling enak diminum pada cuaca panas terik yang sanggup menghilangkan rasa haus dahaga seketika. Banyak versi atau varian yang beredar dari jenis minuman segar anggun ini. Seperti es gempol Pleret Semarang versi tradisional, es gempol Pleret Jogja, es gempol pleret khas Jepara, es gempol Pati, es gempol Solo, ice gempol tombo kangen, es gempol milo versi modern dan lain lain.

 Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT ES GEMPOL PLERET ENAK
Gambar Es Gempol Pleret

Menurut situs Wikipedia. Es Gempol ialah minuman dari gempol/pleret dari tepung beras dan tepung ketan, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, kemudian diwarnai dan hasilnya dikukus. Gempol disiram dengan santan dan gula, dan seringkali ditambah es.

Ada banyak klaim mengenai asal tempat gotong royong dari minuman segar ini, ibarat Solo, Pati, Kudus, Blitar Jawa Timur (JATIM), sampai Jepara Semarang, Jawa Tengah (JATENG). Minuman serupa juga sanggup ditemukan di Jakarta, Bandung, dan Semarang.

Pleret ialah desa di kecamatan Pleret, Bantul, Daerah spesial Yogyakarta, Indonesia. Kesultanan Mataram pernah beribukota di sini, yaitu di dusun Karta selama 1613-1647 kemudian pindah ke Pleret yang terletak di sebelah utara selama 1647-1681.

Demikianlah dongeng sedikit mengenai asal seruan sejarah dari es gempol ini. Berikut kumpulan belakang layar resepi ais gempol pleret yang enak lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka es atau aneka minuman cuek segar.





RESEP ES GEMPOL PLERET JOGJA


BAHAN :
  • 500 gram tepung beras
  • 1 sdt pasta pandan
  • 250 gram tepung ketan
  • 800 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 250 gram gula merah
  • 300 ml air pandan
  • 100 gram nangka matang, iris sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
CARA MEMBUAT ES GEMPOL PLERET JOGJA :
  1. CARA MEMBUAT GEMPOL : campur tepung beras, sedikit air pandan, santan dan sedikit garam. Kukus selama 1 jam, angkat. Setelah agak dingin, ambil sedikit adonan tepung beras, bentuk lingkaran seukuran buah duku, kukus kembali sekitar 1 jam. Angkat, tiriskan.
  2. CARA MEMBUAT PLERET : campur tepung ketan, sedikit gula merah, garam dan sisa air pandan, aduk rata. Tuang adonan tipis-tipis diatas daun pisang, kukus 1 jam.
  3. Rebus sisa santan kental bersama garam sampai mendidih sambil diaduk supaya tidak pecah. Cairkan sisa gula merah sampai mendidih. Saring.
  4. CARA PENYAJIAN : siapkan gelas saji, masukkan gempol, pleret, nangka, santan kental, gula jawa dan es batu.
  5. Sajikan dingin.
Advertisement