-->

Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Balok Menes Banten

Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Balok Menes Banten
Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Balok Menes Banten
Resep Kue Balok Menes Khas Pandeglang, Banten Sederhana Spesial Asli Enak. Bila mendengar “balok” yang terbayang oleh kita yaitu sebuah kayu panjang berbentuk kubus. Tapi di kawasan Babakan Lor, Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang, balok yaitu nama sebuah penganan atau makanan ringan anggun yang populer nikmat dan termasuk olahan singkong tradisional masakan lezat di Pandeglang. Jajanan pasar tradisional ini disebut balok sebab makanan ringan anggun ini mirip balok kayu yang dipakai sebagai ganjal rel kereta api.

 yang terbayang oleh kita yaitu sebuah kayu panjang berbentuk kubus CARA MEMBUAT KUE BALOK MENES BANTEN
Gambar Kue Balok Menes Putih

Bahan pembuat makanan ringan anggun balok khas Banten ini hampir sama dengan menciptakan getuk hanya prosesnya saja yang sedikit berbeda. Kue balok dibentuk dari ubi ketela pohon alias singkong ubi kayu (dangdeur/sampeu dalam bahasa Sunda), kemudian dibuang kulitnya hingga higienis dan dicuci, kemudian dikukus hingga empuk/lunak. Proses berikutnya, ditiriskan kemudian ditumbuk memakai lesung hingga benar-benar halus dan diberi garam untuk memberi rasa gurih. Setelah halus, dicetak dan dipotong-potong ibarat balok kayu. Kue ini biasanya disajikan dengan bumbu serundeng, yakni kelapa parut yang diasang kemudian ditumbuk halus.

Kue Balok yaitu khas makanan khas dari Menes, sebuah kecamatan di Kabupaten Pandeglang Banten. Kue Balok yaitu sejenis makanan yang terbuat dari singkong berbeda dengan kue balok khas Garut, Bandung, berbentuk segi empat layaknya kotak, dan berwarna putih. Lembek bila disentuh dan kenyal bila sudah berada di mulut. Itulah makanan ringan anggun Balok. Yang unik dan khas dari makanan ini yaitu penambahan dua bumbu yaitu bawang goreng yang dicampur sejenis minyak, diolesi sempurna diatas pecahan balok ini, tak lupa ditambah serundeng diatasnya. mau tahu rasanya? Yang terang kalau makan satu, niscaya pingin nambah rasanya.

BALOK CIODA

Makanan khas masyarakat kec. Menes yang berada di wilayah Kab. Pandeglang Provinsi Banten Yaitu bermana Balok Cioda. Dari namanya terkesan asing soalnya balok yang kita tahu itu kayu. Tapi siapa sangka makanan ringan anggun ini tidak seseram namanya lembut dan nikmat.apalagi sambil ngopi atau ngeteh di siang hari bolong. Bagimana cara menciptakan makanan ringan anggun balok menes?. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih balok menes singkong serundeng sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis makanan ringan anggun balok dari menes makanan khas Kabupaten Pandeglang yang mempunyai warna putih dan kuning ini.

RESEP KUE BALOK MENES


BAHAN :
  • 1 kg singkong
  • Serundeng kelapa
  • Bawang merah
  • Minyak sayur
  • Garam
CARA MEMBUAT KUE BALOK MENES :
  1. Kupas singkong kemudian basuh hingga bersih.
  2. Kukus singkong hingga matang.
  3. Tumbuk singkong hingga halus / giling.
  4. Iris bawang merah kemudian goreng hingga matang kecoklatan, kemudian tuang ke wadah dengan minyaknya.
  5. Singkong yang sudah ditumbuk di geleng/ditipiskan, kemudian di cetak lingkaran berdiameter kurang lebih 15cm atau berdasarkan keinginan.
  6. Singkong yang sudah dicetak di isi dengan serundeng.
  7. Lipat mirip halnya menciptakan risoles tetapi ini di buat tipis, kemudian olesi dengan minyak bawang berikut bawang gorengnya.
  8. Sajikan.

RESEP SERUNDENG KELAPA


BAHAN :
  • Kelapa parut (kelapa renta sedang)
  • Gula putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Rempah - rempah (lada,ketumbar, pala, cengkeh, kayu manis, bunga pala, kapulaga, kayu manis, jintan, kulabet, bawang putih, dll, biasanya bumbu rempah-rempah sudah ada di warung di bungkus komplit )
CARA MEMBUAT SERUNDENG KELAPA :
  1. Sangrai kelapa parut berikut rempah - rempah kecuali bawang putih hingga garing dan kecoklatan dengan api sedang.Kemudian angkat.
  2. Masukkan wadah tumbuk tambahkan gula putih dan garam secukupnya,tumbuk hingga halus dan berminyak.Serundeng itu lebih lezat kalau rasanya agak manis.
Advertisement